• SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN
  • Saya Pikir, Saya Rasa, Saya Bisa

Ikhtiar Tingkatkan Mutu Pembelajaran Melalui Bimtek Implementasi Transformasi Pembelajaran Bagi Guru Pendidikan Dasar

Sahabat smpnbangsa, sudah tahukah anda bahwa upaya menyiapkan guru dan sekolah untuk terus meningkatkan mutu pembelajaran guna mempersiapkan murid menghadapi tantangan abad ke-21 tidak henti-hentinya dikerjakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek). Kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Transformasi Pembelajaran Bagi Guru Pendidikan Dasar ini menjadi bagian dari ikhtiar tersebut.  

Demikian disampaikan  Direktur Guru Pendidikan Dasar, Dr. Drs. Rachmadi Widdiharto, MA saat menyampaikan arahannya pada kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Transformasi Pembelajaran Bagi Guru Pendidikan Dasar di Hotel Amaroosa Grande Bekasi, Kota Bekasi,  Senin (1/11) malam.

Rachmadi mengatakan mutu pendidikan di Indonesia harus terus ditingkatkan. Berdasarkan skor Programme for International Student Assesment atau PISA, posisi Indonesia menempati posisi yang memprihatinkan.

Berdasarkan laporan PISA tahun 2019, skor membaca Indonesia ada di peringkat 72 dari 77 negara, lalu skor matematika ada di peringkat 72 dari 78 negara dan skor sains ada di peringkat 70 dari 78 negara.

Dia mengatakan diadakan Bimtek ini merupakan salah satu ikhtiar yang dilakukan Direktorat Guru Pendidikan Dasar melalui Pokja Transformasi Pembelajaran untuk bisa meningkatkan skor PISA tersebut.

“Bimtek ini merupakan upaya meningkatkan skor PISA. Maka itu yang dilibatkan dalam Bimtek ini ada para guru dari mata pelajaran IPA, Matematika dan Bahasa Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan hasil dari kegiatan Bimtek ini guru-guru diharapkan bisa move one  baik dari sisi mindset dan praktek-praktek pembelajarannya. Dari sebelumnya pembelajaran berpusat pada guru bergeser menjadi pusat pembelajaran pada siswa.

Pada kesempatan yang sama Kasi Kurikulum & GTK SMP Dinas Pendidikan Kota Bekasi, H. Mawardi S.Pd., M.Pd menyampaikan rasa terimakasih telah menunjuk Kota Bekasi menjadi tuan rumah kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Transformasi Pembelajaran Bagi Guru Pendidikan Dasar.

Dia berharap dengan diadakan kegiatan Bimtek ini mutu pembelajaran di Indonesia lebih baik dari sebelumnya. Sehingga pendidikan di Indonesia jauh lebih baik dan bisa sejajar dengan negara-negara maju lainnya.

“Kami berterimakasih Kota Bekasi menjadi tuan rumah kegiatan Bimtek ini. Semoga seluruh peserta yang hadir bisa menyerap ilmu dan pengalaman dari kegiatan ini,” ujarnya.

Sekadar informasi kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Transformasi Pembelajaran Bagi Guru Pendidikan Dasar diikuti oleh 65 peserta dari 11 provinsi yakni Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Aceh, DKI Jakarta, DIY, Jambi, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung dan Riau.

Peserta yang mengikuti kegiatan Bimtek ini adalah para guru dari mata pelajaran IPA, Matematika dan Bahasa Indonesia. Bapak Supriyono, M.Pd mewakili SMP 1 Banguntapan untuk mata pelajaran IPA. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 1 s/d 5 November 2021 menghadirkan narasumber dari beberapa unsur yakni Kemdikbud-Ristek, Akademisi, Widyaiswara, Psikolog dan Guru. 

Pada waktu yang hampir bersamaan terkait BIMTEK untuk peningkatan skor Pisa, Ibu Zunita Rahmaniawati, M.Pd mengikuti BIMTEK Matematika, Bapak Anung Anggoro, S.Pd mengikuti BIMTEK Bahasa Indonesia, serta Bapak Allan Suarman, S.Pd dan Bapak Dwi Hartana, S.Pd mengikuti Bimtek AKM Kelas dan Asesmenpedia.

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PERSIAPKAN PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK (PSP), LPMP DIY LAKUKAN VERIFIKASI DAN VALIDASI DAPODIK CALON SEKOLAH PENGGERAK

Sahabat pembaca, sudah tahukah anda bahwa pada hari  Rabu (15/12) bertempat di Ruang Auditorium Ki Hajar Dewantara,  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Daerah Isti

16/12/2021 22:09 - Oleh Administrator - Dilihat 155 kali
Pelatihan Google Workspace

Sahabat smpnbangsa, sudah tahukah anda bahwa pada hari ini, Rabu, 29/09/201 bertempat di SMP Negeri 1 Banguntapan diadakan pelatihan Google Workspace untuk para guru. Google Worksp

29/09/2021 16:54 - Oleh Administrator - Dilihat 259 kali
Sambut Tahun Ajaran Baru, Kemendikbudristek Ajak Semua Pihak Menyukseskan Pembelajaran Aman dan Nyaman

Sahabat pembaca, sudah tahukah anda bahwa dalam rangka menyambut Tahun Ajaran 2021/2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengimbau agar pemb

21/07/2021 16:13 - Oleh Administrator - Dilihat 523 kali
PENGUMUMAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022

Berikut ini pengumuman PPDB SMP Negeri 1 Banguntapan yang dapat anda baca di papan pengumuman sekolah ataupun dibaca secara online lewat web sekolah.

15/06/2021 17:50 - Oleh Administrator - Dilihat 1717 kali
Link PAT Bantul Kelas 8

Penilaian Akhir Tahun - Kab. Bantul Sekolah : SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN - KELAS 8 Materi : BAHASA INDONESIA Jumlah soal : 40 Jadwal Tes : Senin, 7 Juni 2021 | Jam : 07.30 - 09.10 Link

05/06/2021 20:18 - Oleh Administrator - Dilihat 1030 kali
Link PAT Bantul Kelas 7

Penilaian Akhir Tahun - Kab. Bantul Sekolah : SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN - KELAS 7 Materi : BAHASA INDONESIA Jumlah soal : 40 Jadwal Tes : Senin, 7 Juni 2021 | Jam : 07.30 - 09.10 Link

05/06/2021 20:11 - Oleh Administrator - Dilihat 1467 kali
Beasiswa S2 dan S3 Guru dan Tenaga Kependidikan

1. Sekilas Tentang Beasiswa Pendidikan Indonesia Program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) adalah program beasiswa Peme

11/05/2021 23:52 - Oleh Administrator - Dilihat 619 kali
Seluruh Warga SMP 1 Banguntapan Telah di Vaksin

Sahabat pembaca smpnbangsa, sudah tahukah anda bahwa seluruh warga smp 1 banguntapan baik guru dan karyawan telah mengikuti vaksinasi tahap kedua yang dilaksanakan di Puskesma Banguntap

08/05/2021 15:28 - Oleh Administrator - Dilihat 603 kali
Final Lomba Cerdas Cermat Permuseuman SMP/MTS Tingkat Kabupaten Bantul

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul menggelar acara Final Lomba Cerdas Cermat Permuseuman SMP/MTs Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2021 Selasa (23/3). Bertempat di Ros In

07/05/2021 22:21 - Oleh Administrator - Dilihat 379 kali