• SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN
  • Saya Pikir, Saya Rasa, Saya Bisa

Final Lomba Cerdas Cermat Permuseuman SMP/MTS Tingkat Kabupaten Bantul

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul menggelar acara Final Lomba Cerdas Cermat Permuseuman SMP/MTs Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2021 Selasa (23/3). Bertempat di Ros In Hotel Yogyakarta, kegiatan ini dibuka dengan menampilkan tari-tarian tradisional oleh kelompok-kelompok keseniaan binaan Disbud Bantul dan disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul Nugroho Eko Setyanto S.Sos, MM selaku panitia mengatakan “Kegiatan Lomba Cerdas Cermat ini kita lakukan rutin setiap tahunnya. Hal ini dilakukan dengan tahap seleksi dan akan ada tahap penyaringan selanjutnya. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk menanamkan nilai-nilai perserjarahan dan permuseuman.”

Wakil Bupati Kabupaten Bantul Joko B. Purnomo dalam sambutannya mengatakan “Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan saat ini yang rutin diselenggarakan setiap tahun nya. Saya berharap nantinya lomba ini hasilnya dijadikan momentum dan motivasi bagi adik-adik SD/SMP yang mengikuti lomba yang nantinya akan menjadi pelopor bagi masyarakat dan lingkungan sekolah juga ikut mengkampanyekan museum yang ada di Kabupaten Bantul.”

“Dalam hal ini, karena dalam museum itu tidak hanya barang-barang yang dipamerkan, tetapi ada dokumen-dokumen yang itu merupakan bukti dari nenek moyang kita, pemimpin-pemimpin kita dimasa lampau dalam berjuang untuk memberikan yang terbaik pada kita.” lanjutnya

Saat ini Kabupaten Bantul memiliki 15 Museum, dalam kegiatan ini juga ikut berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Museum Bantul (FKMB) dan juga Barmus sehingga kegiatan kegiatan museum ini secara rutin nantinya dapat diketahui oleh masyarakat secara luas sehingga nantinya masyarakat sendiri dapat mengetahui museum-museum yang ada di Kabupaten Bantul. Harapannya nanti semakin banyak masyarakat mencintai museum karena memang terkandung banyak hal seperti untuk pengkajian, pendidikan, dan rekreasi.

Adapun pemenang Lomba Cerdas Cermat Museum tahun ini, di antaranya Juara Pertama SMPN 1 Banguntapan dengan Nilai 2.800, Juara Kedua SMPN 1 Sedayu dengan nilai 2.300, Juara Ketiga SMPN 1 Bantul dengan nilai 1.900, Juara Keempat SMP Mutiara Persada dengan nilai 1.700 dan Juara Kelima MTSN 6 Bantul dengan Nilai 1.150.

Sumber : Bantul

Komentari Tulisan Ini